Muhammad Iril Pecahkan Rekor Dunia Kubus Rubik

5.2.10
Tentang Gunadarma

Sebagai mahasiswa baru saya belum tahu apa - apa tentang Gunadarma. Saya hanya mengetahui Gunadarma dari pembimbing saya sewaktu PKL ( Praktek Kerja Lapangan ).
Saya tertarik masuk Gunadarma karena pembimbing saya itu hebat dan pintar.

Tapi setelah saya masuk UG, ternyata banyak mahasiswa yang hebat - hebat dan terkenal di Internasional. Salah satunya Muhammad Iril Khairul Anam.

Prestasi yang ia toreh sanga luar biasa,Muhammad Iril Khairul Anam di pentas kubus Rubik dunia. Iril memecahkan rekor dunia untuk kategori kubus rubik 3x3x3 dengan mata tertutup.



Mahasiswa D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat, ini berhasil menyelesaikan 16 buah kubus Rubik tanpa melihat dalam kompetisi Jakarta Open 2010.
"Saya memecahkan rekor dunia multiblind, menyelesaikan rubik berukuran 3x3 dengan mata tertutup jumlah terbanyak yaitu 16 buah dalam waktu 57 menit," ungkap Iril saat ditemui di sela-sela acara Jakarta Open 2010 di FX Building, Jakarta, Ahad (31/1).

Waw, hebat bukan, sebelumnya rekor dunia untuk kategori ini dipegang oleh Tong Jiang dari Cina dengan 15 kubus Rubik. Bukan hanya Iril yang membanggakan nama Indonesia tapi juga ada peringkat ketiga rekor dunia yaitu Wicaksono Adi dengan menyelesaikan 11 kubus Rubik tanpa melihat dalam waktu 55 menit 10 detik. Rekor Wicaksono dipecahkan saat Indonesia Open 2009. Semua rekor ini tercatat di Asosiasi Kubus Dunia (WCA).

Melihat Iril bermain kubus Rubik terlihat sangat mudah. Memang, Iril pun tak membutuhkan waktu lama menguasai olahraga otak ini. Ia mengaku mengenal dan mulai bermain kubus rubik pada April 2009. Saat itu ia membuka sejumlah situs internet mengenai kubus rubik. Baru setelah itu ia mempelajari kubus rubik. Sedangkan bermain dengan mata tertutup baru dipelajari pria berkacamata ini dua bulan silam. "Baru seriusnya awal Desember (2009)," ucap Iril.

Buat Iril permainan ini memang terlihat sulit, tapi sangat mudah dipelajari dan di pahami. Metode pemulanya pun bisa dikuasai dalam beberapa jam. Tutorialnya pun mudah ditemui di berbagai situs internet secara gratis. Untuk bisa menyelesaikan kubus Rubik dengan mata tertutup, pemain harus mempunyai daya ingat yang kuat. "Bener-bener gampang," ucap Iril santai

Banyak orang - orang hebat di sekitar kita, tinggal kita mencontoh dan memodifikasinya sedikit.

Sumber : http://berita.liputan6.com/sosbud/201001/261621/Muhammad.Iril.Pecahkan.Rekor.Dunia.Kubus.Rubik

2 comments: