Hal Ini Salah Siapa ?

21.9.10
Warnet pasti identik dengan internet, secara namanya Warnet (Warung Internet). Banyak orang tua menganggap internet adalah hal yang buruk, yang isinya hanya konten - konten negatif dan tidak bermanfaat, padahal internet bukan hanya itu. Jika orang tua terus beranggapan seperti itu kapan generasi muda kita mau maju dan membuka keran pengetahuannya di internet.

Sebenarnya ini juga bukan salah orang tua, orang tua hanya membimbing, memberi pelajaran kepada anaknya. Seharusnya para orang tua mengajarkan anaknya sejak dini apa itu internet dan apa fungsinya ?, apakah benar internet hanya tempat konten - konten negatif ??.

Internet sebenarnya dapat mendidik anak dan memberi pengetahuan baru kepada mereka, tergantung para ortu dan orang - orang disekelilingnya, dan tidak lupa faktor anak itu sendiri. Jujur sebagai orang yang sehari - harinya belajar dan bekerja di bidang ini, saya sangat miris ketika ada seorang ibu berkata "Buat apa main gituan, cuma nonton aja, ga ada manfaatnya dan cuma ngikutin gaya barat".

Padahal si anak tidak sedang membuka video negatif, karena memang warmet ini sudah saya lindungi dengan aplikasi tertentu untuk memblok situs - situs yang tidak baik, ini menjadi contoh mengapa kita harus mengajarkan kepada anak para generasi muda, untuk mengetahui bagaimana cara kerja internet dan bagaimana cara memakainya dengan bijak.

Jika begini, kualitas anak muda Indonesia akan berkurang, dan informasi tentang dunia akan berkurang. Beritahu kepada adik - adik kita, saudara kita dan yang lain bagaimana cara penggunaan internet, sehingga para ortu yang pada masa kecilnya tak ada internet dapat mengenal internet dan memberi arahan pada si anak.

Saya juga banyak belajar dari sini, dari internet. Tempat saya mempelajari pengetahuan baru, memang banyak godaannya, tapi setidaknya ada pengetahuan baru yang kita dapat. Semoga para ortu dan anak dapat salaing mengerti dan memahami serta memakai sarana ini dengan bijak dan sehat.

Maju Internet Sehat, Menuju Generasi yang Lebih Berpotensi...

No comments:

Post a Comment