Apa itu Internet ??

27.11.08

Internet mungkin anda sering mendengar kata ini. Ya dunia maya kita dapat menjelajahi ruang dan waktu. Kita dapat mengetahui segala sesuatu dari sini hanya dengan beberapa detik. Banyak orang yang sering ngenet tapi belum mengetahui artiya dan sejarahnya.

Dengan Internet informasi menjadi mudah dan bebas, siapa saja tanpa memandang golongan,ras,umur,pangkat,dll. Internet adalah sebuah belantara informasi, tidak ada seseorangpun yang mampu menguasai seluruh info didalamnya. Ia adalah perpustakaan yang besar. Bahkan kita mampu mendengar radio atau melihat televisi secara global.
Atau kita bisa berpartisipasi didalamnya.

Sejarah Perkembangannya

Jumlah user Internet dapat belipat ganda setiap 9 hingga 14 bulan sekali sejak akhir tahun 1970-an. Tahun 1981 jumlah komputer yang terkoneksi internet baru 213 unit, namun pada tahun 2000 jumlahnya meningkat menjadi lebih dari 400 jt unit. Saat ini diperkirakan pengguna internet sekitar 1 miliar lebih.

Internet dimulai dari proyek ARPANET sebuah proyek komunikasi untuk militer AS dan hanya untuk personel militer AS dan peneliti yang membangun jaringan tersebut. Dari tahun 1970 s/d akhir 1980-an internet digunakan untuk riset akademik dan militer. Jaringan ini diatur oleh badan yang bernama NSF ( National Science Foundation). Pada universitas yang diizinkan hanya peneliti yang unggul. Tahun 1980-an NSF memberi kebijakan longgar yaitu mengizinkan seluruh universitas untuk dapat memakai internet.

Tahun 1995 NSF tidak diperkenankan lagi untuk mengatur aktivitas internet. Internet diprivatisasikan dan digunakan hanya untuk tujuan komersial. Tindakan bersamaan dengan populernya penggunaan World Wide Web (WWW) yang ditemukan oleh Timothy Berners-Lee seorang fisikawan asal Inggris. Pada akhir tahun 2000, 80% data berasal dari internet.

1 comment: