Fase dan Macam - Macam Gerhana Matahri

18.7.10


Allah memperlihatkan kepada manusia, beberapa fenomena alam, agar manusia lebih bertaqwa kepada Allah, berikut ini ada sedikit ulasan tentang fase gerhana matahari dan bentuk - bentuknya. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Disimak ya..!

Fase Gerhana Matahari

Gerhana Matahari terjadi ketika piringan matahari tertutupi oleh bulan. Atau ketika cahaya matahari ke bumi terhalangi oleh bulan. Cerita mudahnya demikian: Pada siang hari kamu bisa lihat matahari bukan? Nah, jika ada bulan menutupi penglihatanmu kepada matahari, inilah terjadinya gerhana matahari. Tertutupnya piringan matahari oleh bulan bisa membuat piringan matahari tidak terlihat sedikitpun. Bisa juga hanya terlihat sebagian. Seberapa besar bagian piringan matahari yang terlihat, adalah yang membedakan jenis-jenis gerhana matahari.

Gerhana matahari berlangsungnya hanya beberapa menit (kurang lebih 6 menit) mulai kepingan matahari masih tampak penuh, kemudian berangsur-angsur tertutupi, sampai kemudian kepingan matahari berangsur tampak penuh kembali. Peristiwa itulah yang disebut fase gerhana matahari. Kenampakan matahari pada fase-fase tersebut adalah seperti gambar berikut:






Di atas adalah adalah 2 gambar terjadinya gerhana matahari. Jarak antara bulan dengan bumi akan membedakan jenis gerhana matahari yang terjadi. Pada gambar sebelah kanan, gerhana matahari terjadi pada saat posisi bulan lebih dekat dengan bumi dibandingkan dengan gambar sebelah kiri. Begitu kira - kira fase terjadinya, nah sekarang macam - macam gerhana matahari.

1.Gerhana Matahari Total (total eclipse)



Gerhana matahari total adalah peristiwa tertutupnya seluruh piringan matahari oleh bulan.

2.Gerhana Matahari Cincin (annular eclipse)



Gerhana inilah yang terjadi tgl. 26 Januari 2009 kemarin. Disebut cincin karena pada saat gerhana berlangsung, piringan matahari terlihat tampak menyerupai cincin.
Karena bertepatan dengan jarak bulan yang jauh dari bumi, menjadikan piringan bulan tampak lebih kecil dan tidak bisa menutupi piringan matahari sepenuhnya.

3.Gerhana Matahari Sebagian (partial eclipse)



Karena bertepatan dengan jarak bulan yang jauh dari bumi, menjadikan piringan bulan tampak lebih kecil dan tidak bisa menutupi piringan matahari sepenuhnya. Peristiwa ini bisa disaksikan dari daerah Agus dan Banu tinggal.

Mungkin ada yang bingung dengan istilah di atas, ini dia keterangannya:

Istilah-istilah

Dengan melihat pada Gambar 2 di atas sebenarnya sudah jelas bisa dipahami.

1.Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah ketika terjadi gerhana. Pada daerah bumi yang terkena bayangan umbra akan sangat gelap.
2.Penumbra adalah bayangan kabur ketika terjadi gerhana.
3.Antumbra adalah perpanjangan dari bayangan inti (umbra).






No comments:

Post a Comment