Berbagi di Bulan Ramadhan

28.8.10
Postingan pertama di bulan yang penuh berkah ini, semoga kita tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Mudah - mudahan belum ada yang bolong ya...!

Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah untuk setiap orang, di bulan ini Allah menurunkan Al-Qur'an, memberi kemenangan untuk ummat Islam di perang Badr, memberi kemerdekaan untuk bangsa ini dan satu lagi Allah memerintahkan untuk mempererat persaudaraan dengan cara berbuka bersama, memberi lauk untuk berbuka kepada sesama dan membayar zakat. Di sini tidak akan dijelaskan secara rinci, tapi inti dari semua perintah berbagi.


Sangat indah jika kita dapat berbagi sesama muslim, apalagi memberi hidangan berbuka selain mendapat pahala.
Dalam hadits Salman al-Farisi,bahwa Rasulullah bersabda :

Barang siapa yang memberi hidangan berbuka untuk orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka itu akan menjadi ampunan atas dosa-dosanya dan penyelamat dirinya dari neraka. Orang itu juga akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.

Selain itu juga dapat menyambung tali persaudaraan antar sesama siapa tahu kita dapat bertukar no telepon / alamat, sehingga jika kita membutuhkan, maka orang - orang yang kita beri hidangan berbuka dapat membantu kita.

Indah bukan, berbagi bersama di bulan Ramadhan untuk memperkokoh iman dan ukhuwah (persatuan) ummat Islam.

Waallahu 'alam


No comments:

Post a Comment