Pakai Internet dengan Sehat, Supaya lebih Hebat...!

5.11.10
Pada masa sekarang informasi menjadi sangat penting, baik untuk bisnis, berita terkini, prndidikan dan lain sebagainya. Kehadiran Internet merupakan sebuah solusi untuk mendapatkan sebuah informasi yang cepat dan akurat. Internet dapat mengubah seseorang menjadi sangat baik, bahkan sebaliknya bisa juga mengubah seseorang menjadi tidak baik. Mungkin karena pikiran manusia itu sendiri yang menyebabkan internet menjadi tidak baik dan musuh bagi para orang tua.

Pengalaman yang saya dapat (saya adalah seorang operator warnet), ketika saya sedang menjalankan tugas sebagai OP(operator), banyak anak - anak yang main berjam - jam hingga larut, kemudian para orang tua datang memanggil sang anak untuk pulang dengan berkata "Ayo, pulang sudah malam, jangan main internet terus, mau jadi apa kamu?, jangan ikut - ikut gaya barat!". Saya pun agak kaget mendengar hal itu, siapa yang salah?, apakah internet memberi dampak buruk?.

Sebenarnya di internet terdapat banyak sekali manfaat, jika kita mempergunakannya dengan sehat dan baik. Dari sana kita dapat mendapatkan ilmu yang luas, baik itu ilmu akademik maupun non akademik. Internet juga merupakan sarana pembelajaran, dengan sebutan e-Learning, para lembaga pendidikan dapat menyampaikan materi - materinya melalui internet.

Internet juga dapat digunakan untuk transaksi jual - beli, kita tinggal melihat produk yang dipasarkan, lalu konfirmasi dengan pihak penjual untuk bertransaksi. Untuk sobat yang gemar menulis atau gemar menyampaikan ilmu dan informasi yang dimiliki, sobat juga dapat menyampaikannya di internet, tak perlu membuat website. Sobat dapat menulisnya di blog, tapi ingat jangan menulis info yang negatif, karena itu melenceng dari manfaat internet yang sehat dan baik.

Jangan sampai para orang tua beranggapan internet dapat membuat anak - anaknya menjadi bodoh atau tidak pintar. Kita sebagai netter yang sehat harus memberi arahan pada orang tua dan anak - anak untuk menggunakan internet dengan sehat, dengan begitu internet dapat menjadi sebuah perpustakaan besar, dan menjadikan anak - anak dan semua orang menjadi hebat karena mendapat asupan ilmu dan informasi yang bermanfaat. Jika masyarakat sudah hebat, tentu bukan mustahil bangsa ini juga akan menjadi hebat dan maju. Jadi, Internet Sehat Bikin Hebat..!

1 comment: