Sistem Keamanan pada Komputer

13.11.10
Setiap komputer pasti mempunyai celah untuk dibobol. Jika suatu sistem komputer tidak mempunyai tameng yang kuat, bukan tidak mungkin sistem komputer akan mudah ditembus oleh berbagai virus maupun keylogger. Karena itu, sebuah sistem komputer diperlukan sebuah keamanan biasa disebut Sistem Keamanan Komputer, lalu apa definisinya Sistem Keamanan Komputer ?.

Sistem Keamanan Komputer ialah suatu sistem yang kita gunakan untuk mengamankan komputer kita dari serangan pihak luar, baik berupa serangan virus, spyware, rootkit dll.

Berikut beberapa komponen yang diperlukan pada sistem keamanan tersebut :
Anti virus.
Anti-Virus sebuah software untuk membasmi berbagai macam virus. Pandai - pandai dalam memilih Anti-Virus, meskipun banyak jenis dan nama, tentu Anti-Virus juga dapat kekurangan. Untuk itu usahakan Anti-Virus selalu terupdate.

Anti-Spyware.
Karena memang sifat spyware dan virus ini berbeda, sehingga anti virus tidak bisa menangani spyware dengan baik. Seperti halnya anti virus, anti spyware juga haruslah terupdate tiap saat dan memiliki fasilitas real time protection. Apapun anti spyware yang anda pakai, sebaiknya memiliki fasilitas di atas.

Firewall.
Firewall ini melindungi dari tangan- tangan jahil di network anda. Jadi jika komputer anda hanya single alone, dipakai di rumah, maka firewall bisa diabaikan. Untuk firewall, anda bisa memakai bawaan windows, atau jika anda ingin yang lebih fleksible dan aman, anda bisa menggunakan firewall lain.

No comments:

Post a Comment