Permainan Virtual untuk ummat Islam

10.12.08
Beberapa jam yang lalu saya menemukan artikel tentang sebuah game virtual yang berbau Islam. Permainan ini mirip dengan game Second Life, The Sims, Harvest Moon dan game tentang kehidupan lainnnya. Saya pun terkejut ternyata banyak sekali muslim yang dapat membantu Islam sesuai dengan skill yang dimiliki.
Semoga dengan adanya game ini kita dapat mengetahui seluk beluk islam, tidak hanya rukun islam yang 5 saja namun juga syariat lain dalam islam. Dan jangan sampai kita hanya puas memainkannya saja tetapi kita harus mampu mengaplikasikannya di kehidupan kita.
Keinginan untuk mempopulerkan intisari ajaran Islam yang sering disalahartikan, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membuat situs, sampai dengan membuat permainan virtual.

Mulai sekarang, seseorang dapat mengetahui tata cara sendi-sendi kehidupan Islam yang berlandaskan pada Alquran dan sunnah melalui permainan yang menarik. Sebuah situs permainan virtual online bernama Muxlim Pal, membuat pengaksesnya dapat bermain sambil belajar tentang tingkah laku sosial seorang muslim.

Di permainan online yang diadopsi dari Second Life ini dibuat semenarik mungkin. Di sini, penggunanya dapat menjalankan avatar dalam berinteraksi seperti yang dilakukan layaknya oleh seorang muslim. Seperti berbicara antar teman, sholat, dan menjaga aurat yang biasa disebut hijab.

"Kami bukan situs religius. Permainan ini hanya fokus mempopulerkan gaya hidup seorang muslim," ucap pendiri Muxlim.com Mohamed Al-Fatatry, seperti yang dilansir Daily Mail, Rabu (10/12/2008).

"Situs permainan online ini bisa dimainkan bersama keluarga atau teman. Dengan latar belakang komunitas yang berbeda," sambungnya.

Al-Fatatry meyakini, situs ini tidak memiliki maksud apa-apa. Sebab dia yakin, permainan ini terbuka untuk orang muslim maupun yang bukan muslim.

Cara permainannya Muxlim ini, sedikit banyak, mirip Second Life. User dapat menjalankan kehidupan avatar sesuai tuntutan syariah. Selain itu, mereka diharuskan untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, agar dapat membeli pakaian yang layak.Dan user juga dituntut untuk memenuhi "meters" seperti game The Sims yaitu : Pengetahuannya, sosial,kesehatannya, dsb. (srn)

Sumber yang saya temukan klik ini

No comments:

Post a Comment