Tahap Membangun Bisnis Online

27.12.10
Bisnis online sebuah tren baru dengan seiring berkembangnya internet. Internet memberikan keuntungan bagi para wirausahawan untuk menjual produknya. Untuk membangun sebuah bisnis online diperlukan beberapa tahap, pengumpulan data, perencanaan, dan lain sebagainya.

Saya akan memberikan simulasi bisnis online dengan blog saya ini sebagai contohnya. Jika kita sudah mempunyai blog pribadi, maka kita dapat memakainya untuk menjual produk kita di blog / website, berikut tahapan - tahapannya.

Fase Pengumpulan Data
Fase ini kita mencari tahu, produk apa yang kira - kira pas untuk dijual di internet, dengan cara mensurvei dari beberapa orang. Dalam fase ini kita diharuskan menampilkan gambar - gambar tentang produk, info produk yang akan dijual dan informasi lainnya, yang dapat dipahami oleh konsumen, dengan tujuan konsumen tertarik dan memesan produk tersebut.

Fase Perencanaan
Fase ini adalah fase dimana kita mendiskusikan data yang dikumpulkan kepada orang - orang yang ikut membantu dalam pembuatan bisnis online. Selain itu fase ini juga untuk menentukan tampilan blog / website yang dipakai.
Contoh tampilan blog (memakai blog pribadi penulis)


Bisa dilihat, saya membuat sebuah tulisan untuk mengenai info TeraCopy sebuah produk yang akan dijual dalam internet (ilustrasi).

Fase Pra-Perancangan
Dalam fase ini kita menggambarkan atau membuat sketsa tata letak blog / website tempat kita akan menjual produk. Seperti penempatan header, banner dan lain sebagainya.

Fase Perancangan
Fase ini kita memulai membuat komponen - komponen yang dibutuhkan dalam bisnis online. Seperti banner, kontak penjual, dan lainnya. Banner, logo dan komponen lainnya bisa dibuat menggunakan software pengolah gambar seperti Photosho, CorelDraw dan lainnya.
Contoh banner blog penulis



Fase Finishing
Setelah semua selesai, blog / website tempat kita berbisnis sudah bisa dipromosikan.
Ada beberapa cara untuk memesan dalam bisnis online :
- Via SMS
Pemesan dapat mengirim pesan kepada pemilik blog / web untuk memesan produknya.
- Via Telepon
Pemesan menelpon penjual dan membicarakan bagaimana mekanismenya.
- Via Email
Cara ini pemesan mengirimkan email kepada pemilik blog / web, biasanya blog / web bisnis online (E-Commerce) menyediakan form pesanan, jadi pemesan tinggal mencantumkan biodata dan komentarnya dalam form tersebut.
Contoh Form Pesanan (Milik Penulis Blog ini)


Pemesan hanya menulis nama, email dan komentarnya, komentar diisi dengan format pesanannya, setelah itu email terkirim ke email penjual, dan transaksi dijalankan.

*Dilarang keras mencopy gambar - gambar di atas, karena itu milik pribadi

No comments:

Post a Comment