Berinteraksi Lebih Luas via Koprol

14.9.10
Mungkin ada sebagian teman - teman yang belum tahu apa itu koprol, koprol adalah sebuah jejaring sosial mirip twitter, kita bisa mengupdate status, mencari banyak teman dengan koprol. Perlu diketahui koprol merupakan karya anak bangsa.

Awal Pendirian


Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa yang lalu dikembangkan tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Akhirnya pada Februari 2009 Koprol diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide yang diperoleh merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite. Koprol menggunakan spesifikasi teknologi ubuntu 8.04, apache2, passenger 2.2.1, Ruby Enterprise Edition 20090421, rails 2.3.2, dan MySQL 5 pada server nya. Bentuknya seperti mikroblog yang sedang marak belakangan ini. Mikroblog secara singat adalah bentuk blog sederhana yang memungkinkan bagi pengguna internet yang sedang bepergian untuk tetap dapat menuliskan teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya.

Sekarang coba simak menu - menu yang terdapat dikoprol :
Setelah mempunyai akun koprol maka kita akan menemukan halaman ini :



Berikut menu - menu yang ada :
Home


Tempat di Koprol yang menampilkan seluruh aktifitas terakhir semua pengguna yang sedang berada di lokasi yang sama dengan pemilik akun yang bersangkutan. Selain itu juga menampilkan seluruh aplikasi yang dimiliki Koprol, ini merupakan halaman yang paling sering dikunjungi.

Profil Pengguna


Menampilkan nama pengguna, alamat website , serta foto diri yang berguna untuk pengguna lain mengidentifikasi siapa pemilik akun tersebut.

Friends


Menampilkan profil-profil pengguna Koprol lain yang telah menjadi teman dengan pengguna yang bersangkutan. Dan mirip dengan fitur di Twitter, terdapat 4 tab dalam menu ini, yaitu : Followers , berisi pengguna lain yang mengikuti perkembangan pengguna yang bersangkutan; Following , berisi pengguna lain yang dipilih oleh pengguna bersangkutan untuk diikuti perkembangannya; serta Entourage yang merupakan pengguna Koprol yang sifatnya sudah akrab dan dekat. Pengguna dapat menentukan sendiri siapa yang akan dimasukkan ke setiap katagori yang tersedia tersebut.

Lokasi


Menampilkan tempat-tempat dimana pengguna sering kunjungi, dan merupakan tujuan favorit pengguna tersebut. Terpilihnya lokasi tertentu menjadi lokasi favorit dapat dilihat dari mana saja biasanya seorang pengguna masuk ke Koprol. Lokasi favorit seorang pengguna dapat dijadikan bahan diskusi dengan pengguna Koprol lain.

Alerts


Fasilitas ini digunakan untuk mengejutkan pengguna untuk langsung memeriksa apakah ada permintaan menjadi teman yang baru, dengan begitu proses penambahan teman dapat berlangsung cepat.

People Search


Berfungsi untuk mencari pengguna lain yang kita ketahui detal informasinya, seperti nama layar atau nama lengkapnya.

Invite


Digunakan untuk mengundang teman-teman pengguna Koprol yang bersangkutan. Disini selain menggunakan alamat e-mail pengguna, alamat yang dicari dapat bekerjasama dengan Facebook, yaitu dengan menggunakan kontak di akun Facebook kita untuk kemudian dikirimkan undangan lewat surat elektronik agar dapat ikut bergabung di Koprol.

Messages


Mengirim pesan langsung ke pengguna lain dengan memulai post dengan 'to' diikuti dengan titik dua dan nama pengguna yang dituju. Sifatnya khusus dan tidak dapat dibaca publik.

People You Follow


Terdapat di halaman depan, memperlihatkan teman pengguna serta pengguna Koprol lain yang berada di lokasi yang sama.
Sejak diakuisisi oleh Yahoo di tahun 2010, istilah Friends & Nearby berganti menjadi People You Follow.

Me and My Friends


Dalam fitur ini, timeline yang terdapat di Home kita akan terfilter sesuai 2 ( dua ) pilihan, yaitu Commented dan Mentioned . Pada pilihan Commented akan muncul tulisan pengguna yang telah diberikan komen oleh pengguna Koprol lain, sedangkan di pilihan Mentioned , akan muncul tulisan-tulisan dari pengguna Koprol lain yang menulis nama pengguna yang bersangkutan. Dan di frame sebelah kanan terdapat list teman, random tip berisi tips yang dimasukan oleh pengguna lain sehubungan dengan kegiatan konsumerisme , dan review from friends berisi ulasan dari berbagai lokasi yang telah dikunjungi teman pengguna.

Koprol juga terdapat dalam fitur ponsel, jadi ga usah khawatir kita bisa check in dimana - mana, koprol juga terdapat peta navigasi seperti google map. Koprol juga dapat menshared yang kita tulis ke facebook / twitter.

Akuisisi


Pada 25 Mei 2010, Yahoo mengumumkan telah mengakuisisi Koprol dengan nilai yang tidak disebutkan jumlahnya. Dengan demikian, akuisisi ini akan menguatkan posisi Yahoo! dalam meraup pasar yang lebih luas lagi di Asia Pasifik maupun internasional. Kecanggihan layanan berbasis lokasi yang diamini Yahoo! lebih baik ketimbang Foursquare menjadi alasan akuisisi ini.
Sebenarnya kontak antara Yahoo dengan Koprol sendiri sudah mulai terjadi sejak menjelang acara Yahoo Open Hack Day 2009. Saat itu Koprol menjadi salah satu mitra lokal Yahoo yang menggunakan beberapa teknologi API Yahoo seperti misalnya: Yahoo Fire Eagle, Yahoo Login, dan Yahoo Contacts.



Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Koprol

No comments:

Post a Comment