Cara Penyampaian Salam

13.9.10
Banyak orang yang tidak tahu bahkan menyepelekan aturan ini, kebanyakan muslim menyingkat salam dengan "ass","aslm","wass","Assalamu'alaikum. Wr Wb dan singkatan lainnya. Nah, bagaimana hukumnya dalam Islam, apakah ada pengaruhnya pada pahala kita ?, mari kita simak.

Assalamu’alaikum, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,adalah ucapan penghormatan dan doa. Apabila kita dihormati dengan suatu penghormatan maka seharusnya kita membalas dengan sebuah penghormatan pula yang lebih baik, atau minimal, balaslah dengan yang serupa.
Hanya saja, kalau kita mengganti ucapan kalimat salam arti awalnya sangat mulia, maka,yang terjadi adalah sebaliknya, salah dan bisa-bisa menjadi umpatan kotor. Lho, kok bisa ???

السلام عليكم
Lafadz di atas bila diucapkan dalam bahasa Indonesia menjadi : as-salāmu'alaykum dan ditranslasikan dengan lidah Indonesia menjadi assalamu'alaikum.

Kita semua pasti pernah [sering] menerima SMS dengan salam yang disingkat. Contohnya miqum, aslm, aslmwrwb dan ass. Singkatan terakhir ini paling umum dan paling sering digunakan.
Padahal dalam bahasa Inggris ass artinya adalah kedelai, orang bodoh, bahkan ass artinya (maaf) pantat.
Karena itu, jika tidak berhati-hati, mengganti ucapan Assalamu’alaikum (Semoga sejahtera atasmu) dengan menyingkatnya menjadi “Ass” (pantat), ini mirip dengan mengganti doa yang baik dengan bahasa jalanan orang Jakarta, yang artinya kira-kira, berubah arti menjadi (maaf lagi) “Pantat Lu!”

Jika kita ingin menyingkatnya, Allah Subhanahu wa ta'ala telah mengaturnya, dalam sebuah hadits :
Dalam suatu pertemuan bersama Rasulullah SAW, seorang sahabat datang dan melewati beliau sambil mengucapkan, “Assalamu ‘alaikum”. Rasulullah SAW lalu bersabda, “Orang ini mendapat 10 pahala kebaikan,” ujar beliau.Tak lama kemudian datang lagi sahabat lain. Ia pun mengucapkan, “Assalamu’alaikum Warahmatullah.” Kata Rasulullah SAW, “Orang ini mendapat 20 pahala kebaikan.” Kemudian lewat lagi seorang sahabat lain sambil mengucapkan, “Assalamu ‘alaikum warahmatullah wa baraokatuh.” Rasulullah pun bersabda, “Ia mendapat 30 pahala kebaikan.” [HR. Ibnu Hibban dari Abi Hurairah].

Nah, sobat pada mau ga dapat pahala 30, 20 atau 10 ?, coba kita belajar mendapatkan kebaikan dengan cara yang gampang seperti mengucap salam di chat, sms atau surat.
Seperti yang disabdakan Rasulullah kita akan mendapat pahala minimal 10 jika kita mengucapkan / menjawab salam dengan utuh, tanpa disingkat - singkat.

Moga bermanfaat buat kita semua.
Artikel diambil dari : Grup FB "ISLAMIC COMPUTER"

No comments:

Post a Comment