Kesombongan...

7.9.10
“KESOMBONGAN adalah dosa favoritku.” Ini adalah kutipan kata-kata John Milton, iblis dalam tubuh manusia yang diperankan dengan sangat bagus oleh Al Pacino dalam film The Devil’s Advocate.

Kata di atas tidak sepantasnya ditiru, pertama kali makhluk yang berani menyombongkan diri ialah iblis. Simak ayat tentang kesombongan iblis ketika ia tidak mau diperintahkan sujud kepada Nabi Adam.

Iblis berkata: “Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah”. (QS. Shad (38) : 76).

Sejak terusir dari surga, iblis sepanjang sejarah terus berupaya menyeret manusia ke dalam dosa. Kesombongan jadi favorit iblis, karena kesombongan mendorong manusia melakukan dosa-dosa yang lain.

Sampai saat ini kesombongan tetap ada pada setiap manusia,sampai saat ini pun kesombongan itu –sadar atau tidak- masih saja kita lakukan. Termasuk kesombongan spiritual dengan merasa diri paling bersih. Kata “merasa” ini mesti digarisbawahi karena memiliki arti yang berlawanan dari realitanya. Jadi kalau orang “merasa” bersih, berarti orang tersebut sesungguhnya tidak bersih, bukan?.

Seperti dalam teks syair yang disampaikan GIGI, tentang kesombongan seseorang.

Berbuat baik jika kau dilihat orang
Berkata halus jika kau didengar orang
Menghujat orang pun tak pernah ditinggalkan
Dzolim-i orang pun selalu dilakukan

Kadang kau beramal
Kadang kau memfitnah
Padahal Tuhan selalu melihat


Kadang orang merasa bersih tapi padahal di dalam hatinya terdapat kesombongan, dan merasa pintar dan alim. Sebuah kemunafikan yang banyak terdapat dalam diri manusia, Rasulullah bersabda :
"Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia". [HR. Muslim, no. 2749, dari 'Abdullah bin Mas'ûd]

Saya harus kembali mengutip syair dari GIGI,

Pagi beriman, siang lupa lagi
Sore beriman, malam “amnesia”


Ada pula ummat Islam yang sifatnya seperti syair di atas, pagi ingat kepada Allah, tapi ketika waktu - waktu selanjutnya mereka malah lalai, suatu kesombongan terhadap Allah dan menganggap Allah tidak memperhatikannya. Sebaiknya hati kita jaga sebaik mungkin dengan selalu ingat Allah, jangan menganggap diri kita lebih baik dibanding yang lain. Apakah yang selama ini kita lakukan sudah benar. Jangan-jangan kita justru merasa nyaman dengan topeng yang kita kenakan.

Mari belajar bersikap tawadhu dan qana'ah, rendah hati dan mensyukuri apa yang kita terima, jika kita selalu seperti itu Insya Allah kesombongan akan terminimalisir.

Semoga kita dapat selalu memperbaiki diri dan menjalankan apa yang Allah inginkan.
Termasuk saya juga, tak luput dari sifat ini...

Waallahu 'alam

Sumber : Al-Qur'an
Al-Hadist
Lirik Lagu GIGI - Amnesia

No comments:

Post a Comment